Selasa, 10 April 2012

Tahu arti pancasila

A. Pancasila

   1. ketuhanan yang maha esa.
   2. kemanusiaan yang adil dan beradap
   3. persatuan indonesia
   4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
   5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

pancasila yang sering disebut burung garuda atau burung sakti elang rajawali adalah sebagai lambang pembangunan dan pemeliharaan, yang sudah dikenal austronesia sejak dahulu. burung garuda tersebut dilukiskan dengan ciri-ciri sebagai berikut ;

*17 bulu sayap terbang, yang melambangkan 17.

*8 helai sayap kemudi yang melambangkan bulan 8 (agustus)

   kombinasi dari ketiganya melambangkan hari proklamasi kemerdekaan republik indonesia.

pada dada burung garuda terdapat perisai pancasila yang didalamnya tercantum lukisan-lukisan sebagai berikut;
   *bintang lima segi yang terletak ditengah-tengah perisai mewujudkan sila pertama ; ketuhanan yang maha esa.
   *lukisan kalung permata rantai persegi dan bundaran cincin yang terletak dibagian kanan bawah perisai, mewujudkan sila kedua ; kemanusiaan yang adil dan beradab.

   *pohon beringin yang ringan daunya yang terletak dibagian kanan dan perisai mewujudkan sila ketiga ; persatuan indonesia.

   *kepala banteng dengan tanduk menjulang yang terletak dibagian kiri atas perisai mewujudkan sila keempat ; kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

   *padi dan kapas yang terletak dibagian kiri bawah atas perisai mewujudkan sila kelima ; keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

   *perisai yang berbentuk jantung melambangkan senjata perjuangan dan alat bertahan / perlindungan garuda terlukis dengan warna kuning emas, menyatakan kemenangan gemilang dan nilai kebesaran serta keagunggan negara. sedangkan warna merah dan putih pada perisai melambangkan warna bendera sang dwi warna garuda melintang ditengah-tengah perisai melambangkan gambar khatulistiwa (equator) yang melalui kepulauan nusantara dbagian bawah burung garuda, diatas pita yang dicengkram oleh burung garuda itu, terdapat seloka tiga perkataan "BHINEKA TUNGGAL IKA" yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar