Selasa, 10 April 2012

Sejarah bendera kebangsaan indonesia

A.history 

Bendera kebangsaan adalah suatu lambang kemerdekaan bagi tiap-tiap negara diseluruh dunia. negara kita republik indonesia yang pada tanggal 17 agustus 1945 memproklamirkan kemerdekaan seluruh penjuru dunia. juga telah menetapkan bendera kebangsaan sebagai lambang kedaulatan dan tanda kehormatan republik indonesia, serta lambang persatuan bangsa indonesia, yaitu dimuat dalam undang-undang dasar 1945 pasal 35 dinyatakan ; bendera negara indonesia ialah "SANG MERAH PUTIH".
    
warna merah terletak dibagian atas, dan warna putih dibagian bawah. karena dua warna inilah bendera kebangsaan kita itu disebut juga sang dwi warna. bendera kebangsaan merupakan tanda kehormatan bagi suatu negara yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh rakyatnya sebagai suatu lambang kemegahannya, keagungan dan kemerdekaan tanah tumpah darahnya.

B.arti kiasan warna bendera merah putih

   *Merah berarti Berani
   *Putih berarti suci 

Jadi merah putih mempunyai makna berani karena suci atau berani atas dasar kesucian. jiwa dan sifat berani dengan hati putih bersih bagi kesatria indonesia yang terdiri dari putera puterinya, mempunyai pandangan luas kedepan untuk menjalin dan mengisi sejarah bangsanya yang gemilang.
   Lambang merah putih bagi bangsa indonesia sebagai gambaran dan perwujudan semangat berjuang sepanjang masa guna membela hak kemerdekaan dalam mempertahankan hak hidup yang mutlak diperlukan sebagai bangsa yang tegak ditengah-tengah bangsa-bangsa diseluruh dunia.
Dalam pada itu pramuka wajib menghormati bendera merah putih, baik sebagai warga ngara maupun sebagai anggota gerakan pramuka. untuk itu setiap pramuka harus dapat mengibarkan dan menurunkan bendera dengan baik dan tertib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar